Contoh Makalah Symfony Sederhana


Buat pembaca yang butuh referensi makalah tentang symfony, semoga ini bisa bermanfaat, karena belum banyak yang mengerti dan faham tentang framework php yang satu ini, bahkan ada yang sampe pusing tujuh keliling buat nginstal nya. ( Termasuk penulis sendiri, hehehe...)
Maaf yah... makalahnya sederhana bingits.. soalnya emang susah buat mempelajari framework php yang satu ini.
Silahkan dicicipi Bray...



MAKALAH

Pemrograman Web 1
Symfony





Kelompok 11 :

Sarionmia               1410081
Rabi’ah                   1410112
Nurleli                     1410063
Reno Maulana.S     1420030
Diki Miltra              1410016
M. Hijri Muhsin      1410126



Dosen Pembimbing:

Tomi Loveri, S.Kom, M.Kom


STMIK-AMIK JAYANUSA
2015/2016


KATA PENGANTAR


Alhamdulillah, puji syukur penulis ucapkan kehadirat Allah SWT berkat limpahan rahmat dan karunia-Nya Penulis dapat menyelesaikan makalah  yang membahas tentang “symfony”, suatu Bahasa Pemrogaman pada mata kuliah Pemrogaman Web 1.
Makalah ini dimaksudkan sebagai penjelasan ringkas dari Symfony.Dengan membaca makalah ini, diharapkan pembaca dapat memahami dan mengerti tentang symfonyserta dapat memahami faktor dan hal-hal  yang berhubungan dengan symfony itu sendiri.
Dengan sepenuh hati penulis menyadari dan merasakan betapa besar bantuan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, pada kesempatan ini penulis ingin menyampaikan rasa terima kasih yang setulus-tulusnya kepada yang terhormat Dosen Pembimbing dan teman-teman penulis.
Dalam penulisan makalah ini, penulis menyadari masih banyak terdapat kesalahan dan kekurangan. Untuk itu penulis sangat mengharapkan masukan dan saran demi kesempurnaan makalah ini.Demikianlah makalah ini penulis buat, semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi semua yang membaca.

Padang, 10 Januari 2016
Penulis,


Kelompok 11


DAFTAR ISI




BAB I

PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang Masalah

Dalam pemrograman web, kita mengenal banyak istilah, di antaranyahtml, css, javascripth,dan php. Pemrograman web yang sering di pakai saat ini adalah php, php banyak di gunakan perusahan-perusahaan besar dalam pembuatan web.
Framework merupakan suatu perangkat lunak (software) yang bersifat penggunaan ulang suatu library atau classes yang ada dalam sistem tersebut untuk menjadi suatu aplikasi. Framework adalah kerangka kerja. Php mempunyai beberapa framework di antaranya yaitu: Code Igniter(CI), CakePHP, symfony, Zend, Yii dan Kohana.
Pada kesempatan ini penulis mencoba membahas salah satu framework php tersebut, yaitu: “symfony”. Penulis mencoba menjelaskan secara umum dan tidak terlalu terperinci karena penulis masih dalam proses pembelajaran, dengan harapan dapat dimengerti oleh pembaca.

B. Rumusan Masalah

Dari Latar Belakang Masalah diatas, kami merumuskan masalah yang akan dibahas dalam makalah ini sebagai berikut :
a.       Bagaimana sejarah symfony ?
b.      Apa yang dimaksud dengan symfony ?
c.       Apa fungsi yang ada dalam symfony ?
d.      Apa saja kelebihan dan kekurangan symfony tersebut ?

C. Tujuan

Berdasarkan rumusan masalah diatas, kami menjelaskan tujuan dari makalah ini sebagai berikut :
a.       Untuk mengetahui bagaimana sejarah symfony.
b.     Untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan symfony.
c.      Untuk mengetahui fungsi apa saja yang terdapat dalam symfony.
d.     Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan symfony itu sendiri.

D. Manfaat

Adapun manfaat dari makalah ini adalah untuk lebuh memahami lagi mengenai symfony sebagai salah satu framework phpyang digunakan dalam pemrograman dan pembuatan aplikasi berbasis web sehingga penulis dan pembaca mempunyai wawasan mengenai symfony itu sendiri.
















BAB II

PEMBAHASAN

A. Sejarah symfony

Versi pertama symfony dirilis pada Oktober 2005 oleh pendiri proyek Fabien Potencier. Fabien adalah CEO Sensio (http://www.sensio.com/), sebuah agen web di Perancis yang dikenal dengan tampilan inovatif pada pengembangan web.
Sebelumnya, pada tahun 2003, Fabien menghabiskan banyak waktu untuk mempelajari alat bantu pengembangan aplikasi web open source dalam bahasa PHP yang sudah ada. Dia menemukan bahwa tidak ada alat-alat bantu tersebut yang memenuhi persyaratan-persyaratan tersebut di atas. Ketika PHP 5 dirilis, dia memutuskan bahwa alat-alat yang tersedia sudah mencapai tingkat yang matang untuk diintegrasikan ke dalam sebuah framework dengan fitur utuh. Dia selanjutnya menghabiskan waktu setahun untuk membangun inti dari symfony, dengan berbasis pada framework Mojavi sebagai Model-View-Controller (MVC), Propel sebagai object-relational mapping (ORM), dan helper template Ruby on Rails.
Fabien sebenarnya membangun symfony untuk keperluan proyek-proyek Sensio, karena menjadi sebuah framework yang efektif yang pada akhirnya memberikan cara yang ideal untuk membangun aplikasi dengan cepat dan lebih efisien. Symfony juga membuat pengembangan web menjadi lebih intuitif, dan aplikasi yang dilahirkan juga lebih mantap dan mudah dipelihara. Framework ini membuktikan diri ketika digunakan untuk membangun sebuah website e-commerce pada ritel pakaian dalam, dan selanjutnya diterapkan pada proyek-proyek lain.
Setelah sukses menggunakan symfony untuk beberapa proyek, Fabien memutuskan untuk merilis symfony di bawah lisensi open source. Dia mendonasikan pekerjaanya pada komunitas, untuk mendapatkan timbal balik dari pengguna, untuk menujukkan pengalaman Sensio, dan juga karena hal tersebut menyenangkan.
Mengapa "symfony" dan bukan "FooBarFramework"? Karena Fabien menginginkan nama pendek yang mengandung huruf s, bagian dari Sensio, dan huruf f, bagian dari framework--mudah diingat dan tidak diasosiasikan ke dalam alat bantu pengembangan yang lain. Juga, dia tidak suka huruf kapital. symfony sudah memenuhi, walau bukan kata dalam Bahasa Inggris yang sesungguhnya, dan symfony juga menjadi sebuah nama proyek. Alternatif nama yang lain yaitu "baguette."
Agar symfony menjadi proyek open source yang sukses, symfony perlu menyediakan dokumentasi yang ektensif dalam Bahasa Inggris untuk menaikkan rating penerapan. Fabien meminta teman sepekerjaannya di Sensio François Zaninotto, pengarang makalah ini, untuk menggali lebih jauh ke dalam kode-kode dan menulis sebuah makalah online. Pekerjaan ini hanya memakan waktu singkat, dan ketika proyek ini dipublikasikan, symfony sudah didokumentasikan dengan baik sebagai pedoman banyak pengembang. Selanjutnya, tingal sebuah cerita.

B. Pengertian symfony


Seperti telah dijelaskan sebelumnya, Symfony adalah salah satu dari framework PHP dan dibuat menggunakan PHP5. Framework ini dibuat oleh SensioLabs dan pertama kali dirilis pada Oktober 2005 lalu. Symfony telah digunakan oleh beberapa project seperti : Drupal, phpBB, Joomla, Composer, Magento, Laravel dan masih banyak lagi.


Download File lengkapnya di bawah bray...
                                |
                                |
                                |
                                |
                               V