Cisco Part 4

Lab 4.  Melakukan Verifikasi dengan perintah “Show”
Assalamualaikum wr.wb
Next apa kabar agan-agan sekalian ,jumpa dengan saya ,curhat dikit,hari ini kepala saya pusing gak taudeh kenapa mungkin karena kurang tidur atau semacam nya,mungkin ya bisa jadi bisa engga saya sih tidur di samping pc saya tiap malam jadi udah 4 hari sob pala gw pusing mulu..pengen muntah T_T gimana ya,ya kerjaan kayak gini ya mau ga mau ya harus di maklumi hehehe oke gw jadi curhat deh wkwkwkw. sip di konfigurasi dasar, di sini saya akan mengajak kalian untuk mencoba satu lagi perintah dasar yang ada di Cisco. Yaitu perintah “Show”. Perintah Show dapat
dilakukan di privilege


Mode. Oke mari kita kupas tuntas tentang masalah show ini Hal yang harus diingat saat menggunakan show ini adalah kata “Show” artinya menampilkan , jadi ketika kita gunakan perintah show ini maka kita harus tambahan syntak dibelakangnya. Hal ini dimaksudkan agar kita tahu apa yang mau kita liat. Untuk melihat apa saja yang bisa dilihat oleh perintah showini dapat gunakan tanda “?” di belakangnya.
Seperti yang kalian lihat diatas adalah perintah yang dapat di kombinasikan dengan show. Sebagai contoh saya akan coba untuk melihat Jam yang ada di Router tsb.
Router#show clock
*0:47:44.808 UTC Mon Mar 1 1993
Dengan menggunakan perintah show clock.


Dan untuk tambahan pula , Perintah show ini jug abisa dijalan di Global
Router(config)#do show clock
*0:50:9.368 UTC Mon Mar 1 1993
Configuration , yaitu dengan cara menambahkan syntak do di depannya. Seperti do Show <option>


Kita lihat hasilnya akan tetap sama saja , namun yang perlu kita ketahui untuk
perintah do tidak bisa menggunakan fitur “AUTOCORRECT” , jadi kita
harus memasukkan sintaknya secara full.
Oke sekian dulu tentang perintah show ini di LAB kali ini semoga masih kuat ya .
oke jangan lupa kalau ada masalah tinggalkan saja comment agan-agan sekalian,insyaallah saya akan membalasnya dengan kemampuan saya
Wassalamualaikum wr.wb