Tutorial Mikrotik BASIC 1 - Menghubungkan ip yang berbeda di mikrotik

Assalamu'alaikum

konnichiwa minna :-)
 Yoooshh..sudah kenal belum sama saya? udah ah gk usah pakek perkenalan lagi? wkwkwkw :-v
ok ok jangan banyak gw gk banyak bacot lagi, saya akan sharing sedikit ilmu tentang mikrotik tpi baru basic..sabar ya.. heehehehe
ya... pastinya anda harus menyiapkan alat eksekusi nya yaitu
1.luwak white coffie
2.roti bakar
3.rokok ,maaf gw gk ngerokok

4.yang sangat sangat di butuhkan yaitu jaringan cuy ,jaringan internet
5.baru deh pastidong harus ada device mikrotik nya
6.dan yang trakhir yaitu winbox nya tenang silahkan agan sekalian download aja disini
winbox download silahkan cari winbox nya di sana
karena kta di sini akan menggunakan device mikrotik secara langsung:


 Connect via winbox

 
isikan ip address WAN=192.168.107.2   LAN=192.168.1.1 ip wan ini saya ambil dari ip yang di berikan modem saya yaitu 192.168.107.1 kenapa saya menggunakan 192.168.107.2 karena jika sama maka akan bertabrakan


Sekarang setting firewall nya di IP - FIREWALL - NAT rokok nya di sedot dulu sayang rokok nya :v di tab general isi seperti gambar ini :
pada tab general isi chain=srcnat Out.interface=ether1 dan pada tab action action=masquerade


Nah sekarang masukkan DNS nya,fungsi dns kan tau apa? apaa ayooo? hehehehe ok disini saya punya dns=10.1.1.235 ,tentu sobat harus tau DNS yang sobat pakai berapa..atau jika tidak ada gunakan saja 8.8.8.8 dan jangan lupa allow remote access nya di ceklis

selanjutnya kita masuk ke IP - ROUTES  , nah disini lah ,tanpa ip route si ip tidak bisa saling terhubung jadi kita harus mengatur ip route nya sob.. ok tekan tanda + dan isi seperti gambar ini
kopi nya keburu dingin tuh bro...kasian kopi nya

 yooosshhh APPLY dan sekarang jangan lupa memasukkan ip pada pc sobat dan lihat hasilnya dengan melakukan ping ke google.com

Ping di terminal mikrotik

Dan dari CMD ping ke router dan google.com





Nah sekarang sudah terlihatkan hasil nya? yooosh...
ok ini baru basic bro..masi ada yg lebih sulit dari ini tapi tenang aja. gw bakalan kasi tutorial nya buat agan-agan,mbak-mbak,adek-adek,kakak-kakak sekalian deh...hehehehe
ok tanpa banyak bacot , jika kurang paham boleh deh ..gw punya video nya. kalo kesulitan liat aja di bawah ini...

silahkan di nikmati video saya ,jika ada permasalahan jangan lupa tinggalkan comment












Oke sekian dulu dari saya,tunggu postingan selanjutnya ,saya bakalan kasi lagi yang sangaaatttttt suuuuulliiiit hahahahahaha makin sullit makin asik :v

oke wassalam